Friday, January 10, 2014

Tentang Coconut Palm Sugar - Gula Kelapa

Tentang Coconut Palm Sugar - Gula Kelapa

 Selain Aren (Arenga pinnata) satu lagi tumbuhan penghasil palm sugar (gula semut) adalah kelapa (Coco nucifera). Berbeda dengan enau yang kebanyakan tumbuh di gunung, dan tersebar tak beraturan, tanaman kelapa  terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Sudah dibudidaya dengan tempat tumbuh relatif mudah dijangkau. Itu lah mengapa kelapa merupakan sumber terbesar penghasil gula merah (gula jawa) saat ini.


Cara membuat coconut sugar  sama dengan membuat Arenga sugar. Pertama mengiris tangkai bunga lalu menampung cairan manis yang mengalir dari sana.Cairan yang disebut nira itu kemudian dipanaskan untuk mengurangi kadar air. Setelah beberapa lama cairan mengengetal dan siap diolah membuat gula semut.

Baru-baru ini Arenga mengunjungi kelompok tani perajin gula kelapa. Melihat dari dekat pembuatan gula semut kelapa. Sedikit yang membedakan dari perajin gula aren Arenga adalah penampung nira yang digunakan. Mereka menggunakan dirigen plastik dan bukan tabung bambu seperti yang selama ini digunakan Arenga.

coconut palm sugar
Menampung nira kelapa untuk coconut palm sugar

Setelah menjadi gula, secara fisik coconut palm sugar tak berbeda dari Arenga. Warna kuning kemerahan dengan butiran lembut yang mudah lumer dalam air. Kalau pun ada kekurangan sedikit adalah aromanya, tidak sesedap Arenga sugar.

coconut palm sugar
Bincang-bincang

Palm Sugar Pemanis Tradisional yang Mendunia

Saat ini Coconut dan Arenga palm sugar  merupakan pemanis yang bisa disebut sebagai the rising star di tingkat dunia. Berbagai penelitian yang dirilis tentang bahaya gula pasir jadi faktor pendorong dalam membuat orang mencari pemanis alternatif. Ditambah mengenai Glycemic Index yang dilakukan lembaga penelitaan kelapa di Philippine yang datang dengan angka 35 membuat pemanis ini dipromosikan kepada para penderita diabetes.

Tiap artikel tentang coconut palm sugar di jagat internet mengacu pada angka penelitian dari Philippines tersebut. Namun saran Arenga adalah tetap berhati-hati menggunakannnya. Sebab angka tersebut tidak berlaku mutlak. Lingkungan tempat tumbuh, iklim dan treatment selama proses pembuatan berpengaruh kepada faktor glycemic index palm sugar.

@eviindrawanto

6 comments:

  1. Sharing yang keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aiih Terima kasih, Niar :)

      Delete
  2. Ooh... jerigen itu buat nampung nira nya toh? hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Mechta, penampung Nira ternyata berbeda dari daerah ke daerah :)

      Delete
  3. gula kelapa juga saya suka Mbak. tapi Gula aren memang lebih nikmat ya..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Arenga Followers

Arenga Archive